Pesta Rakyat, 29 Desember 2010

95 ribu penonton memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, 95 ribu masyarakat indonesia memampangkan lambang garuda dan atau merah putih di atribut mereka, 95 ribu manusia memanjatkan doa di tempat yang sama, 95 ribu manusia menyanyikan lagu "Indonesia Raya", 95 ribu masyarakat Indonesia berteriak penuh dukungan untuk Timnas yang berjuang menghadapi tim Malaysia.

Kami bernyanyi. Kami bersorak. Kami melompat. Kami terperangah. Kami bernyanyi lagi. Kami berteriak terus. Apa namanya ini kalau bukan sebuah pesta rakyat? Dan siapa yang berani merenggut kebahagian yang sementara ini?

Sebuah surat di forum tempo interaktif mempengaruhi emosi kita semua pagi ini:

zakywahyudi2010:
Bung Ical yang terhormat,
Saya percaya anda lebih berkuasa dari presiden di negara ini
Sri Mulyani anda singkirkan dan mengungsi dari tanah kelahiran yang dicintainya
Satgas anda bungkam sehingga tak lagi bersuara
Kepolisian dan Kejaksaan anda injak saat mereka menangani sang perampok: gayus
sehingga anda pun tidak akan terkait dengan kebusukannya

Saya percaya anda juga telah menebar magnet kharisma anda yang bernama rupiah di petinggi PSSI
Juga menanam sanak keluarga, handai taulan di tempat ini: Nirwan, Nurdin Halid, Andi Darussalam..
Tapi biarkan olahraga yang satu ini tetap menjadi milik kita, jangan anda rebut lagi
Anda boleh menguasai yang lainnya, apapun atau siapapun yang bisa anda beli dengan kekayaan anda

Kami tidak peduli anda menjadi ketua partai dengan cara membeli orang-orang yang sekarang menjadi pembela anda nomor wahid
Tapi tolong jangan anda kotori kesucian olahraga ini

Bung Ical
Anda bisa memiliki segalanya, tapi jangan yang satu ini
Biarkan ini tetap menjadi milik kami
Biarkan kami meneriakkan gairah kami pada permainan yang satu ini
Bagi kami inilah ekstasi untuk sejenak melupakan kepenatan kami atas kerasnya hidup yang mungkin
tidak pernah anda rasakan sejak anda menghirup udara di dunia ini
Biarkan kami meneriakan nama-nama pahlawan kami kami: Bambang Pamungkas! (bukan bambang soesatyo), Markus Horison! (bukannya (melchias) markus mekeng), Firman Utina! (tidak firman
soebagyo)

Bung Ical
Tidak kah anda melihat dan cemburu karenanya?
Bagaimana kami melonjak, berteriak dan tersenyum bahagia sekedar dapat melihat pujaan kami
Kami teriakkan nama-nama mereka dengan cinta tanpa pamrih rupiah
Irfan Bachdim!!! Christian Gonzales!!! Okto!!
Saat ini mereka adalah pahlawan kami
Pahlawan dengan parfum keringat yang menetes, bukannya armani
Pahlawan yang berkaus basah dan bercelana pendek, bukan pahlawan dalam setelan jas dan dasi
Pahlawan di lapangan rumput, tidak di gedung berpendingin ruangan di senayan

Tidak kah bung bertanya, mengapa kami menjadikan mereka pahlawan?
Karena mereka mencoba dengan sekuat tenaga, dengan keringat dan air mata membuat kami bahagia
Oleh karenanya, apapun hasil perjuangan mereka, nama mereka akan selalu lekat di hati kami,
mereka tetap pahlawan kami
Kami pun bahagia menjadi bagian dari perjuangan mereka, walau sekedar teriakan penyemangat
Akan kami ceritakan saat-saat perjuangan mereka kelak kepada anak cucu kami

Bung Ical
Anda berkeinginan untuk menjadi orang nomor satu di negeri ini kelak
Oleh karena itu jangan biarkan remah-remah simpati yang tersisa pada kami lenyap
Anda mungkin ingat ungkapan : "we may forgive, but we'll never forget"
Kami tidak bisa berbuat apa-apa, tapi kami akan ingat selamanya :Lapindo, penggelapan pajak...
Jangan anda tambah kekecewaan kami dengan merebut permainan ini dari kami
Jika anda ingin mendapat sedikit ucapan terima kasih dari kami
tolong anda bisikkan sesuatu kepada Nurdin agar ia segera menyingkir dari olahraga ini

Terima kasih bung Ical

(sumber: http://forum.tempointeraktif.com/node/541 )

Silahkan anda sendiri yang menilai..

INSPIRING WORDS

Berapa banyak topik yang sudah aku lewatkan selama 5bulan terakhir ini? banyak! Beberapa orang berfikir bahwa tidak seberapa penting untuk berbagi hal-hal kecil disekitar mereka lewat media blog, social network hingga sebuah lagu. Tapi apa kalian tahu bahwa kadang satu kalimat memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat menginspirasi seseorang? we'll see.

Penjelasan ini aku ambil dari apa yang aku rasakan sendiri, kadang saat aku sedang terdiam mendengarkan musik, aku merasakan bahwa beberapa kalimat yang dialunkan berhasil menyentuh pikiranku, entah karena lagu tersebut sedang diputar disaat yang tepat dengan suasana hatiku saat itu atau benar-benar sangat kuat mengisi pikiran yang sedang kosong. Lagu yang dapat sangat membuat aku tersentuh dalam hanya hitungan detik adalah "Imagine" dari John Lennon, di setiap liriknya seperti memiliki magnet kuat untuk mengajak kita berubah, berubah untuk menjadi seseorang yang lebih baik, tidak berfikir skeptis dan membawa kita ke dunia yang didalamnya memiliki semua impian terindah yang diinginkan semua orang.
You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one
Kutipan dari lirik yang diciptakan oleh John Lennon itu yang menginspirasi aku sendiri untuk tetap bermimpi. Kalimat yang menginspirasi tidak hanya bisa kita dapat dari orang terkenal saja, orang yang tidak kita kenal sekalipun dapat memberikan inspirasi jika dia dapat merangkai kata-kata yang memiliki kekuatan sesuai yang kita butuhkan. Kalimat yang menginspirasi itu bisa datang dari siapa saja dan kapan saja, yang kita butuhkan untuk mendapatkan kata-kata yang menginspirasi tersebut hanyalah perhatian lebih terhadap pendapat dan pikiran orang lain.

Jadi, siapa yang nanti mungkin menginspirasi kamu?

Hanya dari Trending Topics..

Lagi-lagi jaringan sosial dibahas di dalam blog aku ini. Jaringan sosial memang sedang menjadi item tercanggih, tercepat juga terpopuler yang tentunya sudah menjamur dan digunakan oleh segala kalangan. Kali ini aku melihat Jejaring Sosial dalam sisi edukasi, mungkin aku memang bukan pengamat yang profesional atau lulusan S3 yang pantas berkomentar dengan menggunakan teori ini itu, tapi aku rasa logika saja setidaknya cukup untuk mencerna apa yang akan aku bahas.

Belakangan ini sering kali aku lihat banyak topik perbincangan bahkan headline di TV, Radio, Koran dan media massa lainnya yang diangkat berdasarkan trending topics di jejaring sosial terutama facebook dan twitter. Tapi sadar atau tidak sadar, semua topik perbincangan itu akan menjadi sebuah siklus berputar dan akan hilang saat pengkonsumsi berita merasa bosan.

kira-kira siklus penyampaian topik seperti ini menurut saya:

oknum berkepentingan ⇒ komunikan ⇒ trending topics ⇒media massa ⇒ komunikator ⇒ media ⇒ komunikan (ditambah-tambahkan lagi oleh org yg berkepentingan) ⇒ trending topics , dst.

Biar aku jelaskan, isu diawali sebenarnya dari yang berkepentingan, yang entah butuh popularitas, butuh sebagai alat menjatuhkan pesaing/lawan, atau butuhh uang. Kemudian isu tersebut disampaikan melalui mulut kemulut atau melalui media visual sebagai yang termudah dan sangat otentik. Pastinya kelanjutan bisu tersebut ditentukan oleh komunikas sebagai pengkonsumsi berita, apakah mereka tertarik atau tidak. Jika tertarik dan menurut mereka penting, tentunya isu tersebut akan terus dibahas dan menjadi trending topics ketika melebihi batas mention yang wajar. Saat menjadi trending topics inilah sebuah isu akan menjadi perhatian media massa yang nantinya disampaikan oleh komunikator kembali kepada komunikan. Setelah kembali kepada komunikan, isu tersebut akan di tambah-tambahkan oleh orang yang berkepentingan, yang biasanya 'menyamar' sebagai sesama komunikan. dan siklus terus kembali berputar dan akan berhenti disaat komunikan bosan dengan isu tersebut atau setelah terjadi klarifikasi dari orang-orang yang bersangkutan mengenai kebenaran/fakta dari isu tersebut.

Dari siklus yang aku sampaikan, aku menyebut pesan yang disampaikan sebagai isu, mengapa? karena sepanjang siklus berjalan isu tersebut tidak selamanya terdapat fakta yang akurat terlebih dari orang yang terkait. Ironis memang menyadari bahwa orang Indonesia atau bahkan sebagian besar manusia begitu mudah percaya terhadap suatu isu.

Dari siklus itu pula aku dapat mengatakan bahwa jejaring sosial adalah tempat termudah bagi manusia untuk menerima pesan, memprosesnya dan mengambil tindakan setelahnya hanya dengan mengakses jejaring sosial. Berarti bisa aku simpulkan juga bahwa jejaring sosial memang cara termudah untuk mengajarkan sesuatu.

Jejaring sosial sekaligus cara terburuk untuk belajar, mengapa? aku sendiri sebagai pengguna Twitter bisa dengan jelas melihat efek buruk dari penyebaran isu melalui jejaring sosial. Seperti yang sangat kita tahu pemberitaan video porno oleh seseorang yang mirip beberapa artis ternama adalah contoh dari siklus yang aku jelaskan diatas sekaligus contoh isu yang memberikan efek buruk. Nyatanya pengguna twitter tidak hanya orang dikalangan umur 17+, banyak juga anak sekolah dasar yang memiliki akun Twitter, dan pastinya mereka juga melihat pemberitaan isu tentang video porno itu di trending topics. Ada besar sekali kemungkinan mereka merasa penasaran, mencari tau tentang video tersebut, atau beropini tentang video tersebut yang menyebabkan mereka memperbincangkan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan umurnya.

Ya.. Dari situ, sadar atau tidak kita-kita juga yang membodohi generasi para penerus Bangsa Indonesia.. Hanya dari sebuah trending topics..

Talk Show

Pagi ini seperti biasa aku menonton Oprah setelah menikmati sarapan. Sama seperti tayangan-tayangan sebelumnya, setiap ulasan tayangannya selalu menggugah, membuat aku tidak berfikir dua kali untuk merubah diriku jadi lebih baik. Mensyukuri rambutku, mengurangi penggunaan plastik, hingga belajar membersihkan hidung aku dapat dari Oprah. Sampai tadi aku berfikir, mengapa bisa dengan mudah Oprah menggugah hatiku dan banyak orang lainnya yang terbukti banyak mengalami perubahan positif setelah menonton Oprah Show?

Banyak Talk Show Indonesia yang mungkin berusaha untuk menyamai acara Oprah, tapi sampai saat ini tidak ada satupun yang aku rasa dapat menggugah masyarakat Indonesia untuk berubah. Akhirnya aku sadar bahwa ada beberapa kelebihan dari Oprah yang tidak dimiliki semua Host Talk Show.

Oprah memiliki banyak karisma positif yang dapat mengajak kita untuk berubah, rasa simpatinya yang banyak dia tunjukan terhadap kejadian-kejadian yang sering memilukan, perhatiannya terhadap narasumber, tatapan matanya yang penuh dengan kasih sayang, hingga cara Oprah bertanya atau berkata selalu membuat narasumber merasa nyaman dan leluasa menceritakan segalanya. Keunggulan lain yang aku rasa sangat baik dimiliki oleh seorang Oprah adalah Oprah selalu dapat menyampaikan pertanyaan pertanyaan yang diharapkan oleh penonton untuk ditanyakan kepada narasumber. Mungkin itu memang sudah masuk dalam Script, tapi cara dia bertanya benar-benar dapat memuaskan penonton yang ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi yang disampaikan.

Di Indonesia belum ada wanita yang berhasil menjadi host sebaik Oprah meskipun sudah banyak yang mencoba, tapi harus aku akui bahwa Andi F. Noya melakukan pekerjaan yang baik di dalam acara Kick Andy. Andy dapat dengan leluasa bahkan lantang bertanya hal-hal yang sensitif, dia juga mampu membawa para penonton untuk merasakan kebahagiaan atau kesedihan di dalam topik yang dia usung.

Menjadi Host acara Talk Show tidaklah semudah yang kita lihat, memberi sapaan, mengundang bintang tamu, bertanya ini-itu, membuat kesimpulan dan salam perpisahan. Tidak, bukan hanya itu. Tidak harus seperti Oprah, semua host pasti punya caranya masing-masing. Yang terpenting menurut aku dalam membawakan acara Talk Show adalah dapat membuat narasumber leluasa dalam bercerita, dan mengajak penonton untuk masuk kedalam suasana perbincangan. Merubah penonton dengan mengambil hikmah dari topik yang diperbincangkan adalah yang tersulit.

Presentasi Diri

Kata-kata bisa dirangkai sedemikian, kata-kata juga bisa menjadi saaaangat indah, atau bahkan sangat tajam. Tapi tiap orang toh berbeda-beda menginterpretasikannya 'kan? Dalam berucap, dalam berbincang, bahkan dalam ber-posting, seseorang secara tidak langsung sedang mempresentasikan dirinya.
Nah sekarang, selama ini kamu merangkai kata-kata dan mengeluarkannya, tipe seperti apa diri kamu? Si Sombong? Si Masa Bodo? Si Murahan? Si Bodoh? Si Smart? atau Si Intelek?

Orang membanggakan diri, mengucapkan segalanya demi presentasikan diri hanya agar dapat orang tahu eksistensinya selama ini. Naif kalau kamu bilang kamu tidak seperti itu, aku seperti itu. Tapi sesaat aku sadar bahwa ada beberapa hal yang seharusnya tidak aku ucapkan.

Ada kata-kata yang seharusnya aku masukkan ke dalam Privacy Box. Kenapa? karena jika kata-kata tersebut aku luapkan, hanya membuat orang berfikir betapa bodohnya aku. Nah, karena aku merasa pintar, boleh kan aku menjaga kata-kata tertentu untuk tidak keluar dari pikiranku? :)

ASPIRASI atau ANARKI ?

Indonesia sebagai salah satu negara penganut sistem pemerintahan demokrasi sepertinya belum bisa menjadi contoh yang baik untuk negara berkembang lainnya. Buktinya? pertama kita tau tidak sampai seperempat aspirasi masyarakat sampai ke meja dewan perwakilan rakyat, dan tidak lebih dari setengah dari seperempat itu yang berhasil diurus. Ya memang butuh proses, tapi negara lain bisa dengan efektif, kenapa Indonesia tidak? Yang menggaji para dewan terhormat itu kan rakyat juga, harusnya mereka bekerja secara maksimal kan?

Kedua, masyarakat sekarang-sekarang ini juga terlihat labil, menyampaikan aspirasi dengan cara yang tidak sewajarnya dan tidak ber-etika. masa' mau memperjuangkan nasib rakyat malah merusak fasilitas untuk rakyat? emang mereka mau bayar ganti rugi kerusakan fasilitas umumnya?




Ketiga, aparat kepolisian yang harusnya "melindungi dan menjaga masyarakat" harusnya bisa jadi sahabat yang baik yang bisa diajak bernegosiasi untuk ketentraman bersama. Jangan malah ikut-ikutan kebawa emosi dan malah lebih anarkis. Mereka kuat? memang! tapi kekuatannya harus untuk hal positif, bukan sebaliknya.

Sadar atau tidak, keadaan ini seperti siklus berputar, yang pasti semua tidak akan selesai jika tidak ada yang mulai berhenti.

Super Junkies Star

Heran ya, orang terkenal jaman sekarang, udah capek-capek nyari duit, eh duitnya malah dipake buat beli narkoba.
Inilah sesatnya panggilan setan, mengajak manusia untuk tidak bersyukur sama apa yang dberikan oleh Tuhan. Tidak memanfaatkan rezeki yang didapat untuk hal-hal yang positif. Susah sendiri untuk ngumpulin uang, tapi uangnya untuk beli barang haram.


Tanggung jawab yang besar untuk seorang publik figur menjaga image didepan masyarakat, seharusnya mereka bisa jadi panutan masyarakat kan? berkarya untuk mengalihkan perhatian dari dunia kelam setan. Paling tragis melihat Sammy Kerispatih, tanggung jawabnya atas band yang membesarkan namanya seolah hilang begitu saja. Nama baik Kerispatih luntur sedikit demi sedikit karena ulah si vokalis, nasib anggota lainnya setidaknya ada ditangan si vokalis ini sebagai front image band Kerispatih.

Kita sebagai masyarakat biasa juga seharusnya bisa mengambil hikmah dari kejadian-kejadian yang dialami para selebriti tanah air. Bukan malah menjadikan hal negatif yang mereka lakukan sebagai panutan.

Say No To Drugs!

Nothing Compare

Kadang orang memilih untuk membandingkan dirinya dengan orang lain, lalu menjadikan orang atau beberapa orang itu sebuah 'standarisasi' hidupnya. Lalu apa yang terjadi di dalam diri kita adalah: peng-copy-an atas diri orang lain! Ah! Sepertinya sebagian besar manusia mulai hilang jati diri. Menjadikan satu barang bermerk atau model celana tertentu sebagai hal yang harus dan pasti.

Lalu bagaimana manusia bisa dibedakan satu sama lain? Tuhan menciptakan setiap manusia berbeda, tapi kenapa manusia memilih untuk menyamaratakan gaya hidup dan pernak perniknya?

ROCKAFELLA SHOP IS RAWK!



Rockafella merupakan online shop yang baru banget menjamah dunia maya. Awalnya Rockafella sendiri cuma nawarin barang dagangannya ke relasi terdekat aja, bahkan rockafella ini gak bernama. Setelah melalu proses yang panjang, para pendiri Rockafella yaitu Putri Indrati, Sarah Syam dan Indah Atika, memberanikan diri untuk masuk ke dunia online untuk memperkenalkan barang dagangan mereka. Barang yang mereka jual sebagian besar adalah import dari honkong. Makanya gak aneh kalo design dan fiturnya lucu plus keren. Ohya, kalian pasti nanya harganya? TERJANGKAU! Sejauh ini yang dikenalin di Facebook baru sebatas jam tangan aja. Bocorannya sih nanti akan ada yang lain :) kita tunggu aja! Berminat? langsung aja kesini : Rockafella Shop!