SHOPPING 'WOW' RALLY!

3hari yang lalu aku melihat satu tweet dari Joko Anwar tentang Voucher Rp.1juta yang akan Centro Dept.Store kasih ke ke 20 onliners yang kepilih. Saat itu rasanya tweet dari joko anwar menjadi yang paling bersinar di timeline aku. Langsung aku klik link nya, registrasi dan kasih alasan knapa aku harus kepilih.

"Knapa Centro harus memilih kamu?" begitu kira kira pertanyaan di registrasinya, dan aku jawab: "i have a lot of excitement for shopping, but i dont have a lot of money to do."
begitu kira kira jawabanku. Gak nyangka, ternyata kata kata itu bisa bawa aku ke centro dept. store semalam dan jadi 1 dari 20 onliners yang beruntung! WOW!

Ya aku tau pasti ada rule yang mereka tetapin buat event ini, gak sulit banget, yang penting belil 10 item dan kita harus jadi smart shopper untuk dapet bingkisan tambahan dari centro.
And guess what? aku khilaf! hahah bukannya bersisa malah kelebihan 180ribu! hahhaha, ya namanya juga perempuan, belom se-wise wanita. Tapi dari event ini aku jadi tau bahwa semua orang punya chance untuk menjadi luckyman. kenapa? karena aku merasa aku belum pernah dapet rejeki nomplok kaya gini hehehe.

The Lucky Onlinners





Ini aku pas lagi "kalap" belanja :)





Acara ini adalah bagian dari Launching Centro website http://www.centro.co.id visit link ini yaa! and you'll find another promo and wonderful event!
and that's all! Thank you Centro :)

Kenapa Selalu berfikir kata "Tidak" Sebelum Mengucap "Ya" ?

Manusia terbiasa berfikir negatif sebelum memulai hal yang positif,
terbiasa berfikir "tidak" sebelum mengucap "iya".
Kenapa begitu ya?

Aku selalu berfikir tentang hal itu, ya karena aku sendiri juga seperti itu, namun aku punya pendapat dan pandangan sendiri tentang hal ini.

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang memiliki Logic untuk berfikir, memproses informasi yang telah, sedang, bahkan yang belum terjadi. Dari situlah, manusia memang hobby berfikir dan berkhayal, mengkhayalkan apa yang munkin terjadi pada dirinya, atau apa cita-cita mereka.

Lalu, mengapa harus berfikir "Tidak" sebelum mengucap "Ya" ? Itu karena kita, manusia, memiliki rasa curiga yang lebih besar daripada rasa kepercayaan akan sesuatu hal. Mungkin kecurigaan itu diakibatkan oleh seringnya kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada orang lain atau bahkan diri sendiri. Hal-hal tersebut lah yang membuat manusia sibuk dengan pikirannya membayangkan hal yang negatif sebelum berbuat hal positif.

Lalu bagaimana solusinya? Satu saran yang bisa aku bagi:
Buatlah segala intisari dari kejadian-kejadian yang kita lihat sebagai rangkuman dari buku tentang kehidupan.


Dari situ kita akan belajar mengevaluasi kejadian-kejadian yang kita lihat atau kita rasakan, dan bagaimana berfikir positif akan suatu hal.

Jangan Cuma Tanggal 2 Oktober

Tanggal 2 Oktober 2009 lalu Lembaga PBB untuk pendidikan, sains dan budaya (UNESCO) menetapkan dan meresmikan bahwa batik merupakan warisan budaya dari Indonesia. Euphoria masyarakat Indonesia sangat indah dan meriah pada tanggal 2 Oktober itu, di jalan jalan kota besar terlihat banyak karyawan kantor yang menggunakan batik mulai dari kemeja hingga mini dress. Di pinggir kota, bahkan rakyat kecil pun ingin ikut berpartisipasi menggunakan batik di hari itu, terlihat supir angkutan kota dan juga pedagang asongan berusaha menggunakan batik mereka yang tidak lagi terlihat bagus. Betapa nyata kecintaan masyarakat kita akan Tanah Air pada hari itu.

Bukan karena di gertak, bukan karena di diktaktori, dan juga bukan karena ancaman semua masyarakat rela menggunakan batik, ini semua karena kebanggaan mereka akan keindahan budaya warisan nenek moyang yang telah beratus-ratus tahun diturunkan hingga sekarang berada ditangan kita.

Lalu bagaimana selanjutnya?
Jangan Cuma Tanggal 2 Oktober :)


Jangan hanya ditanggal 2 Oktober kita berpesta batik, menggunakan batik, dan menyuarkan batik ke seluruh penjuru dunia. Sebaiknya di setiap kesempatan pakailah batik, banggalah dengan batik itu yang kita kenakan, aku yakin kita akan terlihat tampan dan cantik dengan batik.

MASK


Mungkin bisa kita hidup dengan topeng,
tak selalu tersenyum dihati namun harus sumringah di wajah.
Tak harus orang tau siapa kamu, tapi harus orang tau dimana kamu berdiri.
Tak musti orang hafal wajahku, tapi mereka musti ingat merk tas apa yang aku pakai.
Tak perlu orang memanggil namanya disaat menegur, tapi harus gelarnya tersebut di pergelaran acara.

Aku dan Kamu dan Dia, sama saja, itu Kita..
Bagian terberat dalam hidup yang sebenarnya adalah melepas toping ini, topeng yang sudah di semen oleh kebutuhan batin untuk memenuhi hasrat glory yang kehausan.


Apa aku bertopeng? YA, aku IYA.
Kamu?

TIME TRAVELLER DARI TAHUN 2036

Pada tahun 2000-2001 ada sesorang yang mengaku bernama John Titor, dia mengaku sebagai penjelajah waktu dari 2036, dia adalah seorang militer amerika serikat yang diutus untuk kembali ke tahun 1975 untuk menyelesaikan misi mengambil komputer portable pertama di dunia yaitu IBM 5100, dan mampir ke tahun 2000-2001 untuk bertemu keluarganya di Florida.
Dia membuat sebuat blog http://www.johntitor.com/ yang dimana isinya menjelaskan semua hal yang ingin dia wejangkan kepada orang di masa 2000-2001 untuk mengetahui apa yang terjadi di masa depan. Namun banyak orang pada tahun itu menganggap ini adalah tidak nyata karena prediksinya tidaklah masuk akal. Namun segala prediksinya mulai dapat terlihat menjadi nyata di tahun 2005. Banyak hal yang dia katakan mulai terjadi, dan hal ini yang mebuat orang mulai berfikir 2x tentang kebenaran John Titor.

John Titor itu sendiripun merupakan nama samaran, karena dia sendiri tidak ingin orang mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya dan siapa keluarganya. Dia juga mengesampingkan tragedi-tragedi yang menurutnya tidak begitu mempengaruhi masa yang akan datang, karena baginya tragedi wtc atau tsunami aceh hanyalah tragedi yang kecil pengaruhnya ke masa datang. Karena yang sebenarnya memilukan di dunia memang dimulai pada tahun 2014.

John Titor sebenarnya telah meminta keluarganya untuk merekam beberapa video kepergiannya di tahun 2001, namun video tersebut di berikan kepada pengacaranya dan tidak jadi di sebarluaskan, malah kabar burung lainnya adalah video tersebut telah diambil oleh oknum intelegen amerika serikat. John pun telah bertemu dengan dirinya sendiri yang berumur 3tahun di masa 2000-2001. Keluarganya pindah dari Florida ke Nebraska, dan setelah keluarganya dikabarkan pindah kemudian di florida terjadi badai yang menghancurkan seluruh kota, kemungkinan John telah memperingati keluarganya agar keluarganya terhindar dari bencana. Dan saat ini keluarganya telah dilindungi oleh pihak intelegen.

Banyak juga konsep mesin waktu yang dijabarkan oleh John beserta dengan gambar dan cara kerjanya, namun saya tidak ingin menjelaskannya disini, dan juga ketidak mengertian saya tentang mesin tersebut. Jika anda tertarik, anda dapat melihat blog terkait ini http://qusuth.wordpress.com/2009/03/24/john-titor-manusia-penjelajah-waktu/

Berikut adalah prediksi yang dikemukakan John tentang masa depan beserta kaitannya di tahun 2008 (sumber: http://tonywijaya.blog.binusian.org/2009/04/17/john-titor-sang-pengelana-waktu-datang-dari-tahun-2036/ )

Mudah sekali untuk menganggap Jhon sebagai kebohongan science-fiction, banyak orang setuju bahwa ada sesuatu ‘mengerikan’ tentang dia. Sebab penjelasan ilmiahnya sangat akurat! Professor Ronald Mallet dari University of Connecticut membenarkan teori John dan malah dikabarkan sedang membangun mesin waktu! Beberapa prediksi John (pada masa 2001 memang terdengar konyol) mulai menjadi kenyataan!


1.
KATA JOHN: Olimpiade 2004 adalah olimpiade yg terakhir. Olimpiade berikutnya dijadwalkan berlangsung tahun 2040.
KENYATAAN: Seperti yg kita tahu, banyak orang menyerukan agar olimpiade Beijing 2008 diboikot karena China dianggap tidak menghormati hak asasi Tibet. Jika benar diboikot, Olimpiade bisa gagal!

2.
KATA JOHN: Di tahun 2001, John menyebut sebuah puisi “A Soldier’s Winter” (Musin Dingin Seorang Tentara). Dia mengaku bahwa puisi itu ditulis oleh seorang personel militer Amrik. Saat penulis puisi itu meninggal, puisinya diedit dan dijadikan simbol di masa John.
KENYATAAN: Di masa kita, seorang pensiunan Kolonel dari Angkatan Darat Amrik bernama Larry Cluck menulis puisi berjudul “A Soldier’s Winter” SETELAH John menyebutkannya!

3.
KATA JOHN: Mesin waktunya memasok tenaga lubang hitam. Teknologi lubang hitam telah dimulai sejak awal 2000an. Di masanya, lubang hitam mudah diciptakan dengan mesin khusus.
KENYATAAN: (23 Feb 2007) Di Albuquerque, New Mexico, Amerika, di laboratorium Sandia National, para ahli menciptakan Mesin Z. Listrik secara diam2 dicuri dari kota untuk menghidupkan generator raksasa mesin Z. Energi yg dihasilkan diarahkan ke sebuah ruang hampa udara dan membentuk sebuah “matahari” mini yg lebih panas dari suhu inti dalam matahari kita. Terlalu panas, “matahari” itu meledak dan berubah menjadi lubang hitam mini yg mampu menyedot apapun (bahkan cahaya!). Lubang hitam jika dibiarkan bisa menyedot segalanya dan menyebabkan kiamat. Tapi beruntung, lubang hitam mini itu langsung musnah setelah tercipta. Penelitian lubang hitam telah dimulai sejak 1990. Kabarnya, mereka mau mengembangkan lubang hitam menjadi energi alternatif. Mesin Z juga bisa MELUMERKAN intan dalam sekejab!

4.
KATA JOHN: Kanker dan AIDS masih mewabah di masanya tapi ilmuwan menemukan cara lain untuk memernagi kanker. Dengan memakai VIRUS!
KENYATAAN: Di Calgary, Canada, tahun 2007, ilmuwan mengembangkan virus yg bisa dipakai untuk menyernag sel kanker bernama Virus VSV. Virus ini berhasil memernagi sel kanker pada tikus2 percobaan.

5.
KATA JOHN: Meisn waktunya adalah model C204 yg dibuat oleh militer AS.
KENYATAAN: Militer AS sejak tahun 1989 telah mengembangkan alat penghasil gravitasi berputar/spinning gravity device (proyek 8914-I). Alat ini sangat besar dan tinggi, berputar dengan poros vertikal berlawanan jarum jam. Putarannya sangat cepat sehingga dimensi waktu dan ruang akan terdistorsi. Energi yg dihasilkan adalah electromagnetik. Alat ini mirip sekali dengan C204.

6.
KATA JOHN: Internet di masanya tidak tergantung pada ISP. Internet model baru bisa “berdiri” sendiri (terpisah dari backbone), bisa diinstal di mana saja, bisa dipindah2. Dan mengisi energinya sendiri.
KENYATAAN: Intel mengembangkan teknologi Wi-Fi yg bisa mengirim data sejauh 60MIL! Penduduk di pelosok pedalaman bisa memakai internet di kemudian hari. Teknologi ini disebut “Rural Connectivity Platform” (RCP) terdiri dari prosesor, “radio”, software khusus dan antena. Mampu mengirim data 6.5 megabits/detik! Alat ini cuma membutuhkan energi matahari untuk berfungsi!

7.
KATA JOHN: Penyakit sapi gila akan mewabah di masanya dan membunuh banyak orang tanpa bisa dihentikan.
KENYATAAN: Penyakit ini memang BELUM mewabah seperti flu burung. Tapi penelitian pada suku Papua Nugini (suku Fore) menunjukkan bahwa kuman penyebab sapi gila bisa bersmebunyi dalam tubuh manusia selama 56 TAHUN tanpa menunjukkan gejala! Banyak orang suku Fore terkena penyakit serupa sapi gila (akibat kanibalisme) tapi mereka hidup puluhan tahun sebelum akhirnya mati mengenaskan (paranoid/gila lalu mati). Para ahli berteori bahwa kemungkinan besar orang bisa mengidap sapi gila tanpa mengetahuinya selama puluhan tahun. Dan saat penyakit itu sudah “matang”, takkan tertolong lagi.

http://www.consumerfreedom.com/issuepage.cfm/topic/5

8.
KATA JOHN: Stephen Hawking punya teori SALAH soal lubang hitam mini, bahwa benda itu tak bisa ditahan sebab lubang hitam akan segera menguap begitu terbentuk.
KENYATAAN: Beberapa tahun setelah kepergian John, Stephen Hawking (http://en.wikipedia.org/wiki/Stephen_hawking) BENAR-BENAR MERUBAH pendapatnya soal lubang hitam saat dia mengunjungi laboratorium CERN (Badan Penelitian Nuklir Dewan Eropa). Stephen terpesona melihat CERN mampu menghasilkan lubang hitam mini dan menahannya!

Dan berikut adalah ramalan John yang belum terjadi:


1. Amerika akan jatuh miskin dan kacau akibat bencana alam skala besar. Penduduk Amrik yg selamat akan kelaparan dan kesal sehingga terjadi perang sipil. Amerika akan terkoyak. Kota2 besar akan rata dengan tanah. Setelah Amrik bangkit dari kehancuran, Amrik akan punya presiden bersama (beberapa presiden yg mewakili area Amrik yg terpecah). Kehidupan menjadi lebih sederhana. Tak ada pabrik yg menciptakan produk mewah, kendaraan, dan makanan ringan/kaleng. Makanan akan dihasilkan sendiri (berternak/berkebun) karena banyak area terkena radiasi dan penyakit. Orang2 akan lebih banyak membaca dan berbicara. Kehidupan beragama akan meningkat (karena semua trauma dengan bencana, perang, kematian).

2. China mengambil kesempatan dalam kesempitan. Saat Amrik kacau, China akan menjajah Taiwan, Korea, dan Jepang! Tanda2 ke arah itu sudah muncul. China menghabiskan banyak uang untuk memperbaharui persenjataannya. Sampai2 Amerika penasaran.

3. Rusia juga gila, menyerang Amerika, Uni Eropa, dan China. Alhasil, Uni Eropa pecah. Negara2 Eropa dan China akan hancur akibat serangan Rusia.

INTINYA ADALAH, apapun yang akan terjadi dimasa datang, semuanya tergantung apa yang kita lakukan saat ini, sesuai pepatah "Kita yang menanam, kita pula yang menuai benihnya".

JANGAN ambil pusing isi blog ini! Karena apa yang terjadi biar kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tugas kita manusia adalah berusaha dengan baik untuk tujuan yang baik dan juga berdoa.

5cm untuk Bumiku

Pantas saja buku ini jadi best seller,novel 5cm karya Donny Dirgantoro, inti dari novel itu adalah jika kita menginginkan sesuatu hal, letakkan keinginan kita 5cm dari kening kita sehingga kita tetap ingat bahwa keinginan tersebut harus kita capai, dan jarak 5cm itu membuat impian kita tidak hilang dari pandangan kita sehingga tidak akan kita abaikan.
Walaupun banyak quotes dari lagu atau film yang tidak kita tau, tapi isi ceritanya bisa jadi contoh aplikasi dari quotes yang di paparkan di buku itu sehingga kita bisa mengerti apa makna inspiratif dari quotes tersebut.

Lalu bagaimana kita mengaplikasikan 5cm tersebut ke dalam diri kita disaat dunia sedang seperti ini?

Kita tau bumi mulai tidak ramah, banyak bencana yang menyebabkan jatuh korban dimana mana, sedih, dan kita merasa bukan apa apa karna tak bisa melakukan apa apa. Yang terpenting adalah buktikan bahwa walaupun kita bukan apa-apa tapi kita bisa melakukan sesuatu yang berarti bagi orang lain.

Tidak harus pergi berperang untuk menang dalam medan perang, kita bisa membangun benteng kuat ditempat kita berdiri. Tidak harus kita pergi ke tempat bencana untuk menghibur dan menolong mereka para korban, kita bisa berdoa dan menyumbang sebagian dari harta kita dari sini.

Letakkan niat kita 5cm dari kening kita, lihat terus dan capai niat kita untuk menolong sesama, berdoa untuk bumi pertiwi, dan lakukan yang terbaik untuk bangsa kita. Semoga niatan 5cm ini dapat mengubah bumi kita menjadi tempat yang aman untuk kita semua.


"Semoga tanda datangnya akhir jaman yang Tuhan berikan kepada kita dapat menyadarkan kita bahwa ada Tuhan YME diatas segalanya."

WHO AM I?

Pembahasan menarik aku dapat ketika sedang berbincang mengenai kehidupan di Inggris dengan Pak'de ku yang tinggal disana sebagai local staff di KBRI London. Banyak yang menarik,seperti tunjangan hidup yang dibebaskan setelah berumur 75tahun keatas, atau juga seperti sekolah gratis bila kita tidak memiliki pekerjaan atau menjadi pengangguran selama setahun.

Pembicaraan terus berlanjut sampai setelah membahas tentang wajahku yang agak india (entah bagian mana wajahku yang mereka lihat)lalu kita membahas tentang teroris yang terkenal di Indonesia. Hal ini membuat WNI malu mengakui bahwa mereka adalah orang Indonesia, termasuk Pak'de ku. Kita yang tinggal di Indonesia ini pasti kecewa bila mendengar bahwa ada WNI yang tidak mengakui kewarganegaraan aslinya di negara orang lain, tapi bagaimana jika kita jadi mereka? Percaya atau tidak, sebagian besar dari kita pasti akan melakukan hal yang sama. Apalagi jika kita tidak memiliki rasa nasionalisme yang cukup untuk membela Indonesia. Tapi sekali lagi, WNI di luar sana juga merasa terancam jika harus mengakui bahwa mereka adalah keturunan Indonesia, dalam relation life mereka dengan orang lain tentu akan sedikit terganggu mengingat Indonesia sedang menjadi big news di negara lain sebagai sarang teroris jaringan dunia.

Dari pembicaraan yang terus berlanjut, hanya satu line yang aku garis bawahi dari semua perbincangan kita: Siapa aku? Siapa kamu? kita sama sama mencintai Indonesia yang indah dan bahkan banyak juga warga negara asing yang mencintai Indonesia. Harapan kita sama, sama sama ingin memiliki Indonesia yang tenang dan tetap indah..

Dilarang Memberi Uang ke Pengemis (?)


Di bulan puasa ini populasi pengemis di kota kota besar meningkat, terutama di ibukota. Umat muslim berlomba-lomba bersedekah dan menyalurkan zakat. Tapi tetap saja, di bulan yang suci ini, masih ada orang-orang yang berniat buruk (aku gak bilang jahat). Dari informasi yang aku dapet dari sebuah berita di salah satu stasiun tv swasta, ada suatu perkampungan di daerah madura yang dihuni oleh pengemis. Saat aku lihat liputannya, oh sangat mengejutkan, rumah para pengemis itu lebih dari layak, bahkan cenderung mewah. Dari informasi yang didapat, para pengemis itu berbondong-bondong ke jakarta saat bulan puasa, dan uang hasil mengemis digunakan untuk memperkaya diri. Nah ini yang salah, MUI akan mengeluarkan fatwa haram mengemis, seseorang diharamkan mengemis apabila masih sehat jasmani dan rohaninya. Seseorang diperbolehkan mengemis dengan 3 syarat:
1. Orang yang terkena bencana alam dan tidak memiliki harta benda lagi
2. Orang yang siap melakukan pernikahan tetapi tidak memiliki dana yang cukup
3. Orang yang benar-benar miskin yang diperkuat dengan rekomendasi dari pihak perangkat desa, pengurus RT/RW, dan tokoh masyarakat setempat

Tips untuk Anda yang ingin memberi sedekah atau zakat:
1. Salurkan zakat anda ke penyalur zakat yang terpercaya seperti lembaga penyalur zakat, masjid setempat, atau sekolah yang menyediakan sarana penyalur zakat disaat bulan puasa.
2. Bersedekahlah kepada orang yang telah anda kenal, dan anda yakini bahwa keluarganya memang memerlukan bantuan.
3. Berikan sedekah kepada orang tua yang sudah tidak sanggup bekerja atau orang cacat karena untuk orang cacat pastinya akan sulit mendapatkan pekerjaan yang mau menerima orang cacat.

Artis Masuk Berita?


Baru beberapa hari yang lalu ada berita dari artis KD dan suaminya AH yang memilih untuk bercerai, awalnya aku liat berita ini di infotainment, wajar- sangat wajar.. Sore hari sekitar jam 5 aku memilih untuk melihat berita karena merasa bosan sama infotainment yang isi beritanya sensasi dari artis aja. Ternyata oh ternyata isi headline dari acara berita itu adalah perceraian KD dan AH. Ah benar benar mengecewakan.. Apa hanya dengan artis yang masuk ke pengadilan harus dijadikan topik didalam acara berita? Walaupun itu pengadilan agama?

Lucu kan ya ada berita artis kawin cerai di dunia dalam berita? Ini yang aku liat di salah satu stasiun tv swasta ternama di Indonesia. Setelah membahas hal ini dengan beberapa temanku, ternyata mereka juga melihat hal yang lebih lucu lagi. Acara berita yang dia lihat menggunakan narasi yang berlebih-lebihan, ditambah suara narator yang mirip dengan narator di beberapa acara gosip investigasi.

Wah makin aneh aja nih, dunia jurnalistik kayanya udah mulai kecampur aduk, ga punya sekat yang ngebedain mana investigasi, edukasi atau hiburan. Bagi yang merasa calon jurnalis atau anggota media komunikasi massa, ada baiknya lebih profesional agar dapat menciptakan suatu berita yang berkualitas yang sesuai dengan selera target konsumen masing masing.

The Truly Nationalist

Baru aja gue dapet hal menarik untuk dibahas. Semua berawal dari tweet gue ke seorang Rapper nasionalis Indonesia, Pandji. Ada 2 tweet yang gue sampein ke Pandji:
1. @pandji jangan jadi manfaatin perang dingin malay-indo buat keuntungan pribadi
2. @pandji juga jangan manfaatin teroris -__- sama bodohnya

Dan setelah Pandji retweet posting gue, banyak banget tweet yang masuk ke gue, mereka smua salah artiin tweet gue, kecewa banget sih setelah tau orang salah artiin tweet gue. Tapi bagus, setidaknya gue jadi tau seberapa besar kesungguhan mereka atas rasa nasionalisme yang sekarang hampir punah.

Maksud tweet gue ga lain dan ga bukan adalah mengingatkan, bukan judgement dan juga bukan skeptical. Percaya atau engga, bahkan Bung Karno pun pernah Khilaf dalam berjuang, jadi apa salahnya mengingatkan? Menurut gue Pandji adalah seorang pemuda baru pelopor nasionalisme yang jalannya masih panjang, dan tugas orang-orang yang peduli sama dia adalah ngingetin dia untuk ga khilaf.

Dan terus dateng tweet tweet orang yang berpikir sempit. Hah, Siap gak siap, orang berpikir beda dari yang lain emang harus siap dapet kata kata miring. Dan udah gue rasain, lucu sih, karna dari situ gue tau yang mana orang yang bener-bener ngerti tentang nasionalisme dan mana yang engga.

1st Experience of Earthquake

Wow! Pertama kali dalam hidup ngerasain gempa di jawa dan sekitarnya. Dari informasi yang diberitakan, Gempa diperkirakan berkekuatan 7.3 Skala Richter terjadi selama hampir 2 menit. Gempa bersumber dari pantai Tasikmalaya. Korban meninggal terdapat di Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Bandung Barat. Banyak bangunan rusak berat dan rusak ringan, bahkan menyebabkan kebakaran karna goncangan dapat menyebabkan kabel listrik korslet.

Dikabarkan akan ada gempa susulan, untuk mengantisipasinya saya akan memberikan tips untuk menanggulangi gempa:

1.
Hampir semua orang yang hanya "menunduk dan berlindung" pada saat bangunan runtuh meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.
2.
Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Itu juga yang harus anda lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri. Anda dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit. Ambil posisi disamping suatu benda, disamping sofa, disamping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong disebelahnya.
3.
Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.
4.
Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada disamping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.
5.
Jika terjadi gempa dan anda tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu, maka berbaringlah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.
6.
Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal. Mengapa? Jika anda berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpa langit-langit di atasnya. Jika pintu tersebut rubuh ke samping, anda akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. Dalam kedua kasus tersebut, anda tidak akan selamat.
7.
Jangan pernah lari melalui tangga. Tangga memiliki "momen frekuensi" yang berbeda. (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama) Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya. Bahkan jika bangunan tidak runtuh, jauhilah tangga. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak. Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Tangga tetap harus diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan tidak rusak.
8.
Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya. Semakin jauh anda dari bagian luar bangunan akan semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan diri anda tertutup.
9.
Orang-orang yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan kendaraan; ini yang ternyata terjadi pada lantai-lantai jalan tol Nimitz. Korban dari gempa bumi San Francisco semuanya bertahan di dalam kendaraan mereka dan meninggal. Mereka mungkin dapat selamat dengan keluar dari kendaraan dan berbaring di sebelah kendaraan mereka. Semua kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong yang aman setinggi satu meter di sampingnya, kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh kolom jalan tol.
10.
Saya menemukan pada saat saya merangkak di bawah kantor perusahaan koran dan kantor lain yang menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak memadat. Ruangan kosong yang besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas-kertas.

Sumber: PPK DEPKES

Semoga tips diatas berguna bagi para pembaca :)

FLU KAMBING setelah FLU BABI, apalagi nanti?


Tadi aku dapet kabar kalo ada Flu Kambing yang merebak di Belanda, dan seorang WNI terinfeksi disana. Oh my, Flu mulai mengancam, pertama kali Flu Unggas mengancam dunia, hal ini menyebabkan selulu negara waspada terhadal unggas yang tampak sakit, pencegahan juga dilakukan besar-besaran. Kemudian muncul Flu Babi, ini yang paling mengagetkan karena begitu mudah menular ke manusia, Belum lagi hilang diingatan datang lagi Flu baru yang juga berasal dari hewan, disebut-sebut Flu Kambing merebak di Belanda dan ada kemungkinan dapat berkembang di indonesia mengingat sumber berkembangnya virus adalah kambing yang merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Hati-hati deh sekarang kalo masak atau kontak dengan hewan, jangan jangan nanti ada flu ikan lagi ;p

Michael Jackson's Not Dead??


Michael Jackson's not dead!
itulah yang selalu diserukan oleh fans dari King of Pop yang dikabarkan meninggal 25 Juni lalu. Dikabarkan MJ meninggal pada saat diperjalanan dari rumahnya ke rumah sakit akibat serangan jantung.

Para penggemarnya tidak mempercayai bahwa artis idola mereka meninggal begitu mendadak, karena seperti yang kita ketahui MJ sedang mempersiapkan konser besar di London beberapa minggu setelah dia meninggal. Bahkan sehari sebelum meninggal, dia masih dapat melakukan rehersial untuk konsernya tersebut.

Mereka (MJ Fans) terus mencari bukti dan penjelasan atas meninggalnya idola mereka itu, apa penyebabnya dia meninggal, jika benar dibunuh siapakah pembunuhnya, dan apa tujuannya.. Itu yang selalu dicari oleh para penggemar MJ.

Sepekan terakhir ini muncul sebuah video yang mengagetkan, salah satu stasiun tv swasta menayangkan video dimana Seseorang yang diduga MJ turun dari belakang mobil ambulance, menuju pintu darurat yang terletak di parkiran sebuah gedung.

Video ini yang smakin meyakinkan para penggemar dari King of Pop ini bahwa MJ belum meninggal..Sang penyebar video bilang bahwa dia mendapatkan video ini dr orang yang dapat dipercaya, video diambil sesaat setelah mayat dari MJ dibawa ke Los Angeles Dept.


Benar atau tidaknya MJ meninggal memang belum pasti, tapi ada baiknya kita terus mendoakan Michael Jackson, jika dia benar telah meninggal kita doakan dia tenang di surga, jika belum pasti ada alasan khusus dia ingin menghilang, yaitu istirahat tenang di dunia yang belum juga berhasil dia sembuhkan seperti harapan yang dia suarakan pada lagunya "Heal The World" video



Ohya dan Michael Jackson hari ini ulang tahun, "Happy Birthday, Our dearest Michael!"

Lebaran oohh Lebaran




Umat muslim mana sih yang gak nungguin lebaran? Bahkan umat non-muslim juga nungguin kok, banyak makanan enak yang bisa kita santap di rumah siapaaa aja yang open house. Ada opor ayam, ketupat sayur, aahh macem macem lah yang enak enak, dan dijamin berat badan naik minimal 3kilo dalam 2hari saja.

Orang-orang berbeda dalam melakukan persiapan lebaran. Normalnya sih kita beresin rumah biar nanti tamu nyaman silaturahmi ke rumah kita, siapin kue kue kecil kaya kastengels atau putri salju. Tapiiii.. ada ada aja loh orang yang persiapannya lain dan ekstrim,tau gak? ada yang siap-siap untuk ngelakuin kejahatan selama persiapan lebaran. Oh my, ini nih yang gak bisa di toleransi, mereka (si pelaku kriminal) biasanya meningkat disaat mendekati Lebaran, ini kemungkinan besar disebabkan atas dorongan kebutuhan hidup karna dimana mana harga naik hingga seratus persen. Kasian emang kalo dipikir-pikir, tapi mereka bener-bener salah jalan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Ini diambil dari pengalaman papaku, tepat seminggu sebelum puasa kemaren, papa naik angkutan kota (angkot) di daerah lebak bulus. Di dalam angkot tiba-tiba ada dua orang masuk, orang yang pertama duduk diantara papaku dan penumpang lainnya, orang yang kedua berdagang seperti pedagangan asongan biasanya. Orang yang duduk disebelah papaku kelihatan gagu dan sulit untuk menjelaskan maksudnya, sambil berbicara dia memijat-mijat kaki penumpang yang ada disebelah nya,tampaknya maksud perkataannya gak bisa dimengerti oleh penumpang tersebut lalu si gagu ini pindah ke papaku,dia berusaha berbicara dan memijat paha papaku. Papa jadi terkonsentrasi pada mulutnya yang berusaha menjelaskan sesuatu, tapi papa tetap gak bisa mengerti apa maksud dia, akhirnya dia keluar dan pergi bersama orang yang tadi menjadi pedagang asongan.

Tiba-tiba penumpang yang ada di sebrang papa bertanya "Pak, ada barang yang hilang gak? soalnya tadi saya lihat ada yang jatuh disekitar bapak dan diambil orang gagu tadi" dan benar aja, ketika papa cek kantongnya ternyata handphone nya hilang. Jadi orang gagu tersebut sengaja mengalihkan perhatian korbannya ke mulutnya sehingga korban gak sadar jika HP nya sedang di rogoh dari kantongnya.

Hati-hati yaa, karna pelaku kejahatan jaman sekarang makin kreatif, karna mungkin mereka sebenernya lulusan S1 (hahahah), jadi jaga barang berharga kalian di tempat umum yaa..

Selamat Berpuasa..

BEWARE! terrorism are invisibility


Teman-teman sebaiknya kalian berhati-hati, karena faktanya para teroris sudah masuk ke dunia maya, mereka mulai masuk ke situs sosial, mencari para calon bomber dan calon pelaku jihad (menurut mereka) di dalam situs jaringan sosial itu. Biasanya yang mereka incar adalah remaja labil (terutama muslim,tapi tidak menutup kemungkinan untuk non muslim) yang berpotensi mudah didoktrin,jadi hati hati ya buat kalian yang merasa kalian labil, jangan gampang berkenalan dengan orang yang kira kira perbincangannya bukan pembahasan yang normal.

Alasan mereka mencari anggota dari kalangan remaja antara lain:
1. Remaja sangat labil, memiliki pandangan abu abu terhadap satu hal sehingga tidak dapat memastikan mana yang benar dan mana yang salah.
2. Remaja memiliki tanggung jawab sosial, karna biasanya orang dewasa telah memiliki tanggung jawab terhadap anak dan keluarga sehingga untuk menjadi pelaku jihad akan berfikir 2x dari pada remaja.
3. Remaja biasanya lebih ambisius terhadap suatu hal dan jauh lebih optimis,sehingga dalam melakukan suatu hal dapat lebih berani meski mereka belum matang pikirannya.
4. Dalam proses eksekusi yang akan mereka lakukan,biasanya remaja akan lebih sedikit dicurigai oleh orang disekitarnya.

alasan diatas adalah menurut pemikiran aku dan hasil pembahasan dengan beberapa orang. Jadi kuatkan keyakinan kalian untuk tidak menyakiti sesama dan hati hati dengan orang yang baru kita kenal.

beware guys :)

Face it Wisely, Indonesia- Malaysia..

Seminggu ini di berita hampir di semua stasiun tv ngebahas masalah Malaysia yang mengklaim budaya Indonesia sebagai milik Malaysia, seperti Tari Pendet, lagu Rasa Sayange, dan lain sebagainya. Hal ini bermula dari iklan visit Malaysia yang menggunakan lagu rasa sayange dan background tarian pendet di dalam iklannya.
Jelas hal kaya gini memancing emosi warga Indonesia, dan menganggap malaysia mengambil budaya Indonesia.

Engga ada salahnya bangsa Indonesia marah, tapi juga bukan salah seluruh masyarakat Malaysia atas iklan tersebut. Jadi bagaimana kita menyikapinya?

Sebagai warga Malaysia, mereka seharusnya lebih mengawasi tindakan pers disana, jangan sampai membiarkan pers menggunakan budaya bangsa lain dalam iklan promosi negara mereka. Kenapa? karna jelas hal itu sama saja membiarkan warga malaysia merendahkan diri mereka sendiri. Jadi Malaysia harusnya lebih berbangga diri dengan budaya khas mereka sendiri dan terus berusaha agar dunia memberikan apresiasi baik terhadap budaya mereka.

Sebagai warga Indonesia sudah banyak hal baik yang udah kita lakuin, dengan menyuarakan cinta Indonesia dan menyiarkan bahwa tari Pendet adalah milik Indonesia. Tapi ada baiknya juga Indonesia tidak terpancing emosi yang berlebihan, lihat dulu apakah ada keuntungan untuk kita kalau kita cuma marah marah? apa malah ada oknum tertentu yang meraih keuntungan dari kondisi panas ini?

Setelah aku baca salah satu forum diskusi yang disitu ada perdebatan antara beberapa warga Malaysia dan Indonesia. Banyak kejanggalan yang aku temuin disitu, yang pasti siapapun bisa aja nulis di forum itu, dan negara asal mereka bisa dipalsukan, anehnya banyak orang yang ngakunya malaysia tapi kok ngomongnya Indonesia banget dan ngerti banget Indonesia. Sampe akhirnya aku bisa mastiin kalo itu adalah kerjaan oknum yang tidak bertanggung jawab yang mau mengadu domba Indonesia dan Malaysia. Entah apa tujuan pastinya,tapi yang jelas niatan dia gak baik untuk kedua negara tetangga ini.

Apa inti dari posting aku ini? intinya kita yang bukan hanya Pemuda Indonesia atau Malaysia,tapi juga Pemuda Dunia,harusnya bersikap lebih dewasa dengan kepala dingin dalam menghadapi suatu masalah sesensitif ini. Jangan mudah terpancing, sikap kita yang tenang tapi tegas akan membuat oknum tak bertanggung jawab itu malu dengan sendirinya.

Face it Wisely, Guys :)

My First Step

Well, sebut aja ini first post aku di dunia blogger, not easy to posting something, aku harus mikirin dulu apa tujuan aku bikin blog ini, kemudian aku harus punya satu pattern yang sama, yang memiliki benang merah antara post pertama hingga posting berikutnya. Dan yang paling penting, seorang blogger harus attractive, iya kan? so i'll try to be.

Ohya, let me introduce my self, sebelum aku kasih tau pattern blog aku. My name is Ratih Permata Perdanakusuma, but you can call me ratih :) aku kuliah di Bina Nusantara University, jurusan Marketing Communication.

Blog's pattern aku sebenernya lebih ke membahas hal hal yang sedang jadi trending topics atau highlight di topik sebagian besar orang di Indonesia atau dunia. Kenapa? karena aku akan memberitahukan dan menjabarkan hal hal tersebut dengan baik sehingga kalian bisa mengerti inti dari masalah yang sedang diperdebatkan, atau aku akan memberikan suatu pandangan dari sisi lain tentang masalah tersebut.

Selain itu aku juga akan menjabarkan beberapa hal kecil yang mungkin menarik untuk bahas, bagus atau engga nya ya kalian yang nentuin,kritik dan saran selalu diterima dengan baik. Semoga kalian berminat dan tertarik dengan segala posting-ku.

Thank you, enjoy my blog :)